Social Icons

Facebook  Twitter  Google+ 

Senin, 10 Maret 2014

One Day Tour di Surabaya bersama KomFiest





Sidoarjo (10/3) -  Dalam perlombaan Public Relation Competition (PresCo) yang di selenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Unika Katolik Widya Mandala Surabaya sebelum peserta di ajak pengerjaan kasus untuk menentukan babak 5 besar, para peserta di ajak dalam perjalanan  mengunjungi perusahaan dan UKM di Surabaya dan sekitarnya. Acara ini di sebut One Day Tour merupakan rangkaian acara yang pertama dalam pelaksanaan Komunikasi Fiesta yang ke-3 kalinya.


                           
Pada perjalanan yang pertama 10 peserta lolos Public Relation Competition (PresCo)di bawa untuk menuju tempat pembuatan telor asin dan peternakan bebek di Sidoarjo, Jawa Timur. Ttiba di tempat jam 13.30 Wib, sekitar 40 menit perjalanan dari Unika Katolik Widya Mandala. Saat pertama kali tiba disambut hangat oleh Bapak Sulaiman yang merupakan pemilik dari pembuatan telor asin dan peternakan bebek, peserta PresCo diajak melihat proses pembuatan telor asin dan peternakan bebek milik Sulaiman. Di peternakan bebeknya di jelaskan bahwa mulanya telor telor bebek itu dikumpulkan lalu dibawa ke tempat pembuatan telor asin yang akan dibungkus dengan batu bata  dan garam sehingga di sebut dengan telur asin. Menurut Sulaiman, beliau sangat senang sekali tempatnya dijadikan untuk pembelajaran baru untuk mahasiswa, bagi beliau ini menjadi hal yang bukan masalah.

Awal perkembangan usaha ini tidaklah mudah tahun 1987, para bebek hewan ternakannya masih di pelihara di sawah, baru tahun 1992 Sulaiman mulai membuat lahan peternakan, namun perkembangan jaman mulai sangat sulit karena bibit itik mulai berubah. Harapan untuk Bapak Sulaiman ingin dipeluas lahanya agar dapat menjadi tempat pembelajaran dan berkembangnya bibit-bibit itik unggul.

Perjalanan One Day Tour ke-2 para peserta di boyong ke House of Sampoerna merupakan pabrik rokok terbesar di Surabaya. Setelah menempuh perjalanan dari Sidoarjo menuju Surabaya bagian utara. tiba di tempat jam 16.10 wib ditempuh dengan perjalanan selama 1 jam menggunakan bus. Saat tiba keberadaan para peserta PresCo sudah disambut oleh Tour Gaet yang memberikan penjelasan tentang sejarah berdirinya Sampoerna. PT. Sampoerna dibangun pada tahun 1913 oleh Liem Seeng Tee.


“Sangat berkesan sudah sampai di Surabaya karena ini merupakan yang pertama kalinya dan juga mendapatkan ilmu baru tentang praktek kerja yang dilakukan oleh karyawan Sampoerna ternyata mereka menggunakan tenaga manual” ujar salah satu peserta  Presco d Universitas Budi Luhur Jakarta.


Setelah puas berkeliling dan berfoto ria di House of Sampoerna kemudian para peserta di ajak untuk mengunjungi pusat oleh-oleh Pasar Genteng Kali. Para peserta bebas memboyong jajanan khas Surabaya. Kemudian peserta di antar kembali ke Unika Katolik Widya Mandala Surabaya pukul 18.30. setelah akhirnya mengikuti One Day Tour seharian penuh. Para peserta  di harapkan  mempunyai pandangan untuk perlombaan presco  dalam mengerjaan studi kasus pada 11 Maret 2014 untuk maju ke babak 5 besar.(Grt)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar