Social Icons

Facebook  Twitter  Google+ 

Senin, 22 Juli 2013

Culoboyo


        Nama Surabaya diambil dari simbol ikan Sura dan Buaya. Simbol tersebut sebenarnya untuk menggambarkan peristiwa heroik yang terjadi di kawasan Ujung Galuh, yakni pertempuran antara tentara yang dipimpin oleh Raden Widjaja dengan pasukan tentara Tar Tar pada tanggal 31 Mei 1293. Tanggal tersebut akhirnya dijadikan sebagai hari jadi kota Surabaya. Sebutan Kota Pahlawan bagi Surabaya juga dikarenakan perlawanan bersejarah masyarakat Surabaya melawan berbagai macam penjajah, puncak dari perlawanan tersebut terjadi pada tanggal 10 Nopember 1945 ketika arek-arek Suroboyo berhasil menduduki Hotel Oranye yang merupakan simbol kolonialisme di Surabaya pada saat itu.
Banyak hipotesis mengenai awal mulanya Surabaya. Ada yang mengatakan bahwa dulu Surabaya bernama Ujung Galuh. Di samping itu, juga ada hipotesis Von Faber yang mengatakan bahwa Surabaya didirikan tahun 1275 M oleh Raja Kertanegara dan digunakan sebagai tempat permukiman. Pada tahun 1358 Surabaya (Churabhaya) masih berupa desa ditepian sungai Brantas sebagai salah satu tempat penyeberangan penting sepanjang sungai Brantas.
            Pada saat ini, patung surabaya menjadi icon kota Surabaya karena semangat pertempuran yang dimiliki oleh arek-arek Surabaya. Letak patung Surabaya tepatnya di depan Kebun Binatang Surabaya. Oleh sebab itu masyarakat dapat menikmati pemandangan patung Surabaya sebelum memasuki Kebun Binatang Surabaya.Di sisi lain, pantung itu cukup dekat dengan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya sehingga mahasiswa/mahasiswi WM dapat menjadikan kebun binatang tersebut menjadi salah satu tempat refreshing bagi mahasiswa. Meskipun tempatnya kurang enak untuk dipandang, namun suasana di sana sangat nyaman dan tenang. Kebun binatang untuk saat ini telah diambil alih oleh pemerintah dan pemerintah akan merenovasi kebun binatang tersebut dan memberikan perawatan yang baik untuk binatang-binatang yang ada di Kebun Binatang Surabaya.(Yohanes C /Why News Fikom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar