Social Icons

Facebook  Twitter  Google+ 

Jumat, 19 Juli 2013

Blog,Wadah Informasi Sekaligus Promosi


         Surabaya-Era global yang didukung dengan akses internet dan piranti teknologi canggih yang semakin maju, membuat banyak perubahan dalam kehidupan manusia sehari–hari. Ketika matahari bersinar terang di pagi hari, sudah ada ribuan posting berita atau hal baru yang menunggu kita untuk mengaksesnya. Dan seketika itu juga, hal pertama yang selalu kita lakukan adalah menge-check handphone, ipad, tab, atau bahkan laptop yang dimiliki. Seolah–olah hal terpenting dalam hidup kita saat ini adalah akses internet melalui gadget.  Urusan perut lapar nomer dua, yang penting update status, nge-tweet, dan update berita dulu dari jejaring sosial.
           
            Ketika kita terkoneksi dengan dunia maya, seakan–akan hidup ini terasa penuh warna, dan jika akses ke dunia maya itu terhambat karena sinyal atau jaringan yang lemot maka saat itu juga dunia terasa gelap. Mungkin itu salah satu gejala addicted technology yang sedang dialami oleh masyarakat dunia saat ini, terutama anak muda. Melalui teknologi atau gadget yang kita miliki, kita merasa kebutuhan informasi dan sosial kita terpenuhi.
           
            Itu salah satu gambaran fenomena yang terjadi saat ini. Jaman sekarang ada banyak macam cara orang melakukan kontak dan komunikasi untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan kebutuhan sosial mereka. Mungkin bisa habis seribu lembar lebih kalau dijelaskan satu–satu disini, karena terlalu banyak dan kompleksnya teknologi terbaru yang ada di dunia hingga sekarang. Perkembangan dan kemajuan yang begitu cepat membuat setiap manusia tertarik untuk mengikuti dan mempelajarinya. Bahkan orang tua pun dituntut internet-an, salah satunya agar bisa membimbing dan mengawasi anaknya agar terhindar dari efek negatif internet atau bahkan ada yang ingin eksis juga seperti anak muda.

            Berbagai kemudahan dan manfaat yang diperoleh dari internet membuat kita semakin dekat dengannya. Kelebihan yang ditawarkan seperti cepat, murah, variatif, bersifat universal, dan tentunya menarik. Membuat semua mata semakin tertuju padanya dan tidak ingin berpisah sedetikpun. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh perusahaan, toko, penjual, pemerintah, instansi/ lembaga, dan lainnya untuk berbagi informasi sekaligus promosi. Salah satunya Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.


            UKWMS memiliki website www.wima.ac.id dan www.widyamandala.org yang memuat tentang segala informasi tentang urusan universitas maupun fakultas. Baik mengenai sejarah Widya Mandala, pendaftaran, akademik, urusan lembaga dan pusat, biro perpustakaan, dsb. Semua orang bebas mengakses website tersebut, kapanpun dan dimanapun mereka berada. Selain terdapat artikel-artikel maupun berita mengenai acara kampus, juga dikelompokkan informasi mengenai setiap fakultas yang ada di Widya Mandala. Sehingga tidak perlu susah-susah mencari seluk-beluk fakultas yang diinginkan. Di sisi lain, website ini juga dapat berfungsi untuk mendekatkan UKWMS dengan masyarakat, alumni, calon mahasiswa, orang tua mahasiswa maupun mahasiswa WM sendiri.   
           
            Tak berhenti disitu saja, fakultas juga memiliki blog sendiri. Contohnya fakultas ilmu komunikasi UKWMS, yang memiliki blog sendiri bernama ‘WHY NEWS’. Alamat web nya www.whynewsfikom.blogspot.com, seluruh orang bebas mengaksesnya dimanapun dan kapanpun. Didalam blog tersebut terdapat foto, video, artikel dan berita yang ditulis oleh mahasiswa maupun dosen FIKOM UKWMS. (JuOn FIKOM/Radita Matanandau)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar