Social Icons

Facebook  Twitter  Google+ 

Minggu, 21 Juli 2013

Siter Akademik UKWMS, Membantu Secara Online


Surabaya - Melihat kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya tidak ingin kalah saing dalam hal ini. Universitas ini telah meluncurkan sebuah website yang digunakan untuk membantu aktivitas akademik mahasiswanya.
Sistem Informasi Terpadu atau yang biasanya dipanggil siter merupakan website milik UKWMS yang bisa diakses oleh anggota aktif universitas tersebut. Awalnya website ini hanya bisa digunakan di dalam kampus saja, tetapi kini sudah bisa diakses mahasiswa dimanapun dan kapanpun.

Diawali dengan mengetikan alamat webnya, http://akademik.wima.ac.id, kemudian mahasiswa perlu login untuk masuk dan mengakses web ini. Di tampilan awal setelah login, muncul tampilan portal mahasiswa yang berisikan keterangan mahasiswa tersebut selama kuliah di UKWMS.


Terdapat lima sub menu yang berbeda fungsi dan bisa diakses melalui web ini.
Sub menu yang pertama yakni berisikan tentang data pribadi seorang mahasiswa UKWMS. Di sana tercantumkan biodata mahasiswa tersebut, mulai dari nama lengkap hingga biodata orang tua mahasiswa itu. Kita bisa meng-update biodata diri kita di website tersebut.
Sub menu yang ke dua diberi nama Perkuliahan. Di menu itu kita bisa menyusun KRS (Kartu Rencana Studi) secara online. Kita juga bisa melihat jadwal kuliah selama satu semester yang sudah tersusun saat membuat KRS. Perhitungan presensi juga bisa kita lihat di sub menu ini.
Keaktifan mahasiswa juga bisa dilihat dari website ini dengan menggunakan sub menu Kemahasiswaan. Dalam sub menu tersebut terdapat daftar kegiatan yang disusun secara rapi beserta poin - poin yang diperoleh mahasiswa selama mengikuti suatu kegiatan.
Di sub menu selanjutnya, kita bisa melihat laporan hasil perkuliahan selama satu semester. Nilai tiap mata kuliah yang sudah diambil selama satu semester tersusun secara rapi di website tersebut. Ada juga RHS (Rangkuman Hasil Studi) yang berisikan semua mata kuliah yang sudah diambil sejak semester pertama hingga semester sekarang. Kita bisa melihat diagram peningkatan atau penurunan prestasi nilai di tiap semesternya. Histori mengulang juga tersedia di menu ini untuk mengetahui mata kuliah apa saja yang perlu diulang.
Dalam website ini, tersedia quick guide sebagai sub menu yang ke lima. Quick guide digunakan untuk para mahasiswa yang bingung menggunakan website ini. Ada langkah - langkah penggunaan siter yang bisa di baca dalam sub menu ini (Why News / Grace Febriyati)



2 komentar:

  1. koq skr web akademik.wima.ac.id nya ga bisa di buka? mohon informasinya.
    Thanks

    BalasHapus
  2. Tlg d bantu id 3203009144 punya sayaa koq ga isa di buka tulisan username atau pasword salah..padahal mggu lalu bisa...

    BalasHapus