Social Icons

Facebook  Twitter  Google+ 

Kamis, 18 Juli 2013

Fakultas Baru, Laboratorium Baru



                                       Surabaya-Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS berdiri sejak tahun 2010, memiliki dua konsentrasi yang terdiri dari korporasi (corporate) dan  media. Program Studi S1 ini juga mendirikan sebuah laboratorium untuk membantu proses belajar-mengajar. Pada tahun 2011 barulah Program studi berdiri dalam naungan fakultas. Laboratorium ini memiliki 4 ruang yaitu lab. televisi, lab. radio, dan lab. editing untuk bidang komunikasi media, sedangkan lab. Public Relations untuk bidang komunikasi korporasi.

          Pembangunan sipil untuk laboratorium berawal dari  mengeluarkan seluruh barang dari ruangan bekas BAAK tersebut . Pada tahun 2011 barulah mereka mulai memasang peralatan, menyekat ruangan dan menata furniture yang diperlukan. Tahun 2012, alat-alat yang dibutuhkan untuk menunjang sarana dan prasarana didalam laboratorium tersebut dibeli. Contohnya saja meja, televisi, kamera, radio, LCD, lemari dan lain sebagainya. Keseluruhan biaya yang digunakan sangatlah besar, namun sejauh ini anggaran masih belum digunakan seluruhnya, karena alat-alat yang dibeli belum didapat seluruhnya secara langsung (inden). Untuk pembangunan sipil dan furniture membutuhkan biaya sebesar ± Rp. 300-400 juta, sedangkan untuk peralatannya sendiri secara keseluruhan membutuhkan dana hingga  ± Rp. 2 Milyar.

Saat ini laboratorium tersebut sudah mulai difungsikan, salah satunya lab.Public Relations. Untuk bidang media, lab. televisi dan editing peralatannya masih 25%. Karena menunggu kelengkapanya agar dapat terintegrasi satu sama lain. Sejauh ini, pihak fakultas ilmu komunikasi sudah mengupayakan pada bulan Agustus, lab sudah dapat digunakan lengkap bersama dengan alatnya. 

           Mata kuliah yang akan menggunakan laboratorium ini adalah mata kuliah di bidang media, yakni mata kuliah program media elektronik dan sinematografi. Karena yang dikejar bukan teknik pembuatan filmnya, melainkan juga praktek dalam mendesain grafis. Untuk mata kuliah bidang korporasi, khusus hanya memiliki 1 laboratorium, dimana didalamnya terdapat 1 papan / layar touchscreen. Tujuannya untuk simulasi mata kuliah media relationpublic speaking, teknik lobi, tempat rapat dan juga untuk produksi media internal. (JuOn FIKOM/Stefanie Hanny L)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar