Social Icons

Facebook  Twitter  Google+ 

Selasa, 11 Desember 2012

Pemanfaatan Perpustakaan dan Munculnya Teknologi E-book


Sebuah perpustkaan yang terletak di gedung Agustinus merupakan salah satu perpustakaan yang sering dikunjungi oleh para mahasiswa khususnya yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir.Buku-buku yang terdapat di perpustakaan tersebut menjadi salah satu pilihan para mahasiswa sebagai acuan untuk dapat mengerjakan tugas-tugas perkuliahan sehari-hari.
Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi zaman sekarang tak terkendalikan.Internet dapat memberikan berbagai sumber informasi dalam bentuk apapun yang diinginkan oleh para pengguna internet.Oleh karena itu, seringkali para mahasiswa lebih memilih untuk menggunakan e-book sebagai referensi untuk tugas-tugas mereka dibandingkan mencari buku di perpustakaan yang tak terhitung.
Namun, sebagian mahasiswa tetap memilih untuk mengerjakan tugas-tugas mereka di perpustakaan dan tetap memilih untuk mengambil referensi dari buku-buku yang ada di perpustakaan. Pada dasarnya memang internet dapat menampung referensi lain yang mungkin tidak ada di dalam buku, namun jika dikutip dari e-book tidak selengkap atau tidak terstruktur seperti di dalam buku dimana para pembaca difokuskan untuk membaca dari awal hingga akhir untuk mendapat inti sari atau informasi yang dicari. Seperti salah satu mahasiswi yang sedang mengerjakan skripsi di perpustakaan memberikan tanggapan mengapa ia lebih memilih perpustakaan daripada tempat umum dan mengapa memilih buku-buku dibanding e-book. Ia menjelaskan bahwa salah satu alasannya adalah karena e-book memang memberikan segala referensi dari bukunamun lebih memberikan efek negatif bahwa memang e-book menjadikan pengguna malas karena jika buku memang langsung lebih mendalam dapat dimengerti mengenai pemikir si penulis buku. (Why News FIKOM/Melienda Handoyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar