Social Icons

Facebook  Twitter  Google+ 

Kamis, 13 Desember 2012

Museum Kesehatan Kota Pahlawan


      Surabaya, Juon Post - (26/11), tepat di jalan Indrapura no 17 terletak sebuah museum yang menyimpan koleksi serta sejarah kesehatan yang terlengkap di Surabaya. Museum yang berdiri sejak tahun 2004 ini memiliki keunikan tersendiri. Museum yang bernama Museum Kesehatan dr. Adyatma, MPH-Depkes RI ini menyimpan koleksi pengobatan medis dan juga non medis terutama yang mengandung unsur kebudayaan.
            Museum ini memiliki dua ruang pameran yakni ruangan medis yang menyimpan alat-alat medis yang digunakan pada masa lampau, sedangkan yang satunya diisi dengan hal-hal dengan unsur kebudayaan yang digunakan hingga saat ini. Selain itu, terdapat pula alat-alat yang dinilai memiliki kekuatan penolak penyakit seperti cabang bambu, kayu kengkeng serta kayu lainnya.
Pada awal berdiri, museum ini sempat menuai kontroversi karena dianggap tidak mendidik. Namun belakangan museum ini dianggap warisan budaya karena menyimpan rekam jejak sejarah kesehatan yang kental dengan unsur adat dan tradisi. “Meskipun perkembangan teknologi medis telah maju dan berkembang, namun kekayaan tradisional warisan nenek moyang berusaha untuk dipelihara sebagai referensi sejarah dan kebudayaan Indonesia melalui museum ini,” ungkap Nyoman petugas musem. (Why News FIKOM/Nira)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar