Social Icons

Facebook  Twitter  Google+ 

Jumat, 14 Desember 2012

FOTOGRAFI C: BEBAN HIDUPKU


Narasi:
Tanjung Perak, siapa yang tak kenal dengan kawasan ini? Pelabuhan terbesar nan megah di Surabaya. Dibalik kemegahannya sebagai pelabuhan internasional, ada kisah perjuangan hidup para pekerja keras disana. Pelabuhan Kalimas, pelabuhan tradisional nan unik di Surabaya. Sering disebut sebagai pelabuhan rakyat, berisi kapal-kapal kayu tradisional, tanpa besi dan baja sebagai bahan dasar pada rangkanya.
Pelabuhan Kalimas terlihat begitu ramai. Lalu lalang kendaraan bermuatan besar dan kecil melalui sisi pelabuhan. Bukan hanya kendaraan bermuatan yang melintas, beratus manusia mondar-mandir di sekitar pelabuhan ini setiap harinya. Mulai dari mengurus dokumen pengiriman barang, mengangkut barang dari kapal, menimbang barang, menyiapkan perlengkapan kapal, dan masih banyak lagi pembagian kerja yang dilakukan.
Riuh rendahnya suasana di pelabuhan ini tak lepas dari aktivitas para kuli angkut pelabuhan. Kulit mereka yang hitam legam karena sengatan matahari, wajah lelah penuh pilu, serta otot kekar berkeringat nampak jelas menggambarkan kisah perjuangan hidup di pelabuhan.
Gotong royong dan bahu membahu mengoperkan barang dari truk-truk yang datang. Seorang pria bertubuh kekar mengangkat sebuah glangsing besar sambil menepis keringat. “Ayoo!!” serunya pada temannya sambil tertawa riang menuju kapal.
Di kapal lain, beberapa kuli mengaitkan alat yang mereka sebut gantole. Segunung barang diangakat gantole yang melayang melintas di udara seperti raksasa yang terbang.
Tantangan para pekerja angkut barang begitu besar. Mereka harus membawa beban berat sambil menjaga keseimbangan agar tidak tumbang. Belum lagi tingginya resiko kecelakaan kerja dan panasnya terik matahari yang menyengat kulit. Kompensasi yang mereka peroleh untuk semua ini hanyalah Rp10.000,- per jam. “Setidaknya cukup buat makan setiap hari mbak,” ucap Sony (42) sambil menimbang barang yang diangkutnya.


Dibuat oleh:
Marcella Tania  / 1423011019
Louisa Christine Hartanto / 1423011026
Shiella Abelia Himdojo / 1423011030
Rury Ossida Mayasari  / 1423011031
Libriana Oktaviani  / 1423011054
Danni Permana / 1423011055 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar