Social Icons

Facebook  Twitter  Google+ 

Rabu, 25 November 2015

Welcome Party Fikom 2015: Muda Berbudaya!

Aksi dari kelompok dayak saat berada diatas panggung.

            MERIAH - Setiap orang yang mendengar kata party tentu akan membayangkan sebuah acara dengan konsep glamour. Namun berbeda dengan party yang diadakan oleh BEM (BadanEksekutifMahasiswa) Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada Selasa (8/9).Welcome Party (WelPart) yang di gelar setiap tahunnya untuk menyambut mahasiswa baru ini mengangkat tema ‘Indonesia Muda Berbudaya.’ Para Maba 2015 ini menggunakan pakaian adat sesuai dengan kelompoknya dan menampilkan pertunjukan drama musical tentang adat-isitadat di Indonesia sepertiMaluku, Sulawesi, Aceh, Padang, Papua, Dayak, dan lain sebagainya.

 Tema yang menekankan pada kebudayaan tersebut diambil karena “Indonesia Muda” adalah penggambaran dari jiwa muda mahasiswa baru Fikom angkatan 2015. Sedangkan “Berbudaya” ditambahkan kedalam tema agar mahasiswa baru dapat lebih mengenal budaya yang ada di Indonesia dari pada budaya yang ada diluar. Acara bertema budaya sering kali dianggap membosankan oleh generasi muda di jaman sekarang, namun BEM Fikom mengemas acara ini secara anggun dan apik dengan menampilkan pertunjukan drama musical dari setiap kelompok. Drama musical yang ditampilkan merupakan cerita-cerita rakyat dari beberapa adat yang dimiliki oleh Indonesia, diantaranya cerita mengenai Maling Kundang yang dibawahkan secara lebih “kekinian” dengan membahas unsure trend di Indonesia saat ini yaitu batu akik. Drama musical yang dipilih untuk menceritakan kembali cerita rakyat yang hampir terkikis oleh jaman ini ditampilkan dengan suara dubing setiap kelompok.
            Acara dengan tema dan konsep budaya ini mampu menarik banyak mahasiswa di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, terbukti audiens tidak hanya dari mahasiswa baru saja, tetapi dari mahasiswa Fikom angkatan 2012,2013, 2014. Tidak hanya itu, sebagian audiens yang berasal dari Fakultas lain turut ikut serta menikmati dan meramaikan acara. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Dekan serta seluruh dosen dan staf yang ada di Fakultas Ilmu Komunikasi. Bahkan yang jauh lebih menarik, acara ini dihadiri oleh Cak dan Ning Surabaya 2015 yaitu Cak Teddy dan Ning Ayu. Ning Ayu yang pertama kali berkunjung di Widya Mandala merasa mahasiswa Fikom Widya Mandala Surabaya memiliki semangat yang luar biasa dan solit. “Pertama liat acara ini itu bagus bangetlah pokoknya. Mereka mengangkat tema kebudayaan. Dan saya juga berharap mereka memiliki rasa nasionalisme yang tinggi agar tetap memajukan budaya Indonesia. Dan setelah acara ini juga diharapkan mereka belajar cara berorganisasi. Selain itu yang paling penting yaitu tadi mereka harus punya rasa nasionalisme yang tinggi. Kerena anak-anak sekarangkan lebih gimana kalau tentang kebudayaan. Mereka lebih hedonism kalau sebutannya jaman sekarang.” ungkapnya.
            Eileen Clarissa (20), ketua pelaksana Wepart 2015,menceritakan kesan dari suksesnya acara ini. “Rasanya seneng banget, kemarin sempet takut-takut. Dipikirnya maba bakal nggak niat bikin drama musical nya. Ternyata keren banget. Kemarin sempet coba puter dubbing an mereka buat drama ini juga ternyata keren-keren. Padahal aku tahu ngedit audio itu susah banget.” Ungkapnya sesaat setelah acara selesai. Eileen berharap mahasiswa baru angkatan 2015 lebih dekat dengan sesama teman-teman angkatannya. Tidak hanya itu, Eileen juga berharap mahasiswa baru Fikom dapat mengetahui bahwa tidak hanya jawa saja yang mempunyai budaya yang menarik melainkan diluar jawa tentunya juga tidak kalah menarik. “berharap mahasiswa baru yang belum tahu jadi tahu, yang tahu jadi semakin tahu Indonesia itu banyak ragam budayanya. Jadi nggak bikin kita yang hidup di Jawa ini menganggap budaya lain tidak menarik. Malah tadi kita bisa lihat, semua budaya itu menarik dan keren banget.” Ungkapnya. (Gabrelia/Rahmatia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar