Surabaya
(12/3) - Ini merupakan hari terakhir acara Komunikasi
Fiesta. Acara hari ini dimulai tepat jam 09.00 wib
pagi di ruang A3013 Universitas
Katolik Widya Mandala Surabaya untuk Seminar Public Relation. Sungguh menjadi
kebanggan terbesar Mahasiswa Fikom, hari ini yang menjadi narasumber kita
adalah Adita
Irawati beliau adalah selaku Corporate
Presiden Telkomsel, dan moderator kita pada seminar hari ini adalah Ignatius Rys Dedy yang biasa akrab
di sapa
mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi
yaitu Pakde. Kali ini tema
seminar kita adalah “Implementing
Marketing Public Relation – Telkomsel Untuk Indonesia”.
Saat tiba para hadirin yaitu peserta PresCo, Poster
Competition dan Movie Competition disambut dengan
nyanyi hangat dari Simplesense band
berjudul
Panggung Sandiwara, Laskar pelangi, Bendera. Setelah sambutan dari dosen mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Finsesius Yuli Purnama
sebagai penyelenggara acara seminar ini beliau mengatakan ucapan terima kasih
kepada ibu Veina yang sudah menyelenggarakan acara ini dan juga kepada seluruh
panitia, beliau berharap hinggar acara selesai semangat tetap ada.
Dalam
seminar hari ini menjelaskan bahwa di
dunia seluler jumlah pelangganya sudah lebih dari populasi orang di Indonesia
sehingga, perlu kreativitas yang diperlukan. Saat ini Telkomsel sebanyak 290 juta subscribers nationvide, 120%
selulermarket penetration in 2013, 42% is Telkomsel Subscribers. Telkomsel juga
termasuk operator terbesar sebanyak 131,7 juta pelanggan dan 467 pegawai.
Telkomsel untuk Indonesia dibagi menjadi 4 pilar yaitu Young, Digital, Trusted,
Care. Fokus nya adalah anak muda.
Dalam
seminar ini ada juga penjelasan bahwa Public Relation berbeda dengan Marketing,
Iklan dan Brand. “Perbedaan dari Marketing yaitu biasanya memuji
brandnya sendiri dan sasaranya adalah pembeli, Iklan berupa marketing yang diulang-ulang,
kadang kita sampai
sebal tetapi itu justru
bikin melekat diotak kita. Kemudian
Public Relation adalah tujuanya bukan hanya
untuk pembeli tetapi berhubungan dengan masyarakat umum atau general. Sedangkan, sesuatu
reputasi yang sudah diterima oleh si penerima pesan” Tutur Adita
Irawati.
Setelah menutup acara seminar bersama Telkomsel, para
hadirin serentak ingin berfoto bersama dengan narasumber. Tanggapan Adita
Irawati terhadap acara Komunikasi Fiesta 2014 mengatakan bahwa acara ini baik,
karena tema yang di angkat berdekatan dengan kebebasan anak muda yang
gembar-gembor mengenai kebangsaan. Beliau
juga berpesan ketika berkarya bolehlah berkarya dengan bebas namun jangan
keluar dari norma, “Thinking out of the box, Executing inside the box” (Grt)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar