Social Icons

Facebook  Twitter  Google+ 

Jumat, 14 Desember 2012

Telaga Mangkrak, Kumuh Marak


SURABAYA – Musim kemarau yang terjadi beberapa bulan terakhir sebelum beralih ke musim hujan belakangan ini membuat telaga di Desa Sambi Sari, Kecamatan Lontar Surabaya menjadi tak terurus. Tempat tersebut biasa digunakan warga untuk memancing ikan setiap akhir pekan.
Lingkungan sekitar telaga kini mulai tampak kumuh sebab pos kecil yang biasa digunakan sebagai tempat mengilokan ikan kini mulai beralih fungsi. Pos tersebut digunakan sebagai tempat tinggal oleh pasangan suami istri yang dahulu merawat telaga tersebut. Jelas hal ini cukup mengganggu pemandangan lingkungan karena mereka memasak, menjemur baju dengan tali yang malang melintang di pohon, membakar tumpukan sampah disitu.

 Lutfiah (40), warga yang tinggal di perumahan depan telaga mengaku merasa kurang nyaman dengan keadaan serta pemandangan telaga, Rabu (28/11). “Saya kurang setuju bila pos telaga dijadikan tempat tinggal, dimana sisi kepedulian terhadap lingkungannya? tambah lagi warga yang berjualan disekitar telaga gersang itu, sampahnya kececeran dimana-mana”, ujarnya geram.  
Telaga sebagai fasilitas umum sudah seharusnya dijaga bersama dan difungsikan dengan benar sehingga tidak mengganggu keseimbangan lingkungan. Warga hanya dapat berharap akan datangnya hujan yang mampu mengembalikan genangan air telaga seperti sebelumnya. Berlindung dibawah kesejukan pohon serta kembali memacing dan berkompetisi, menjadi kerinduan tersendiri bagi mereka.  (Why News FIKOM/ Magdalena)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar