Social Icons

Facebook  Twitter  Google+ 

Selasa, 12 Maret 2013

COMPO 2012 FIKOM, the Real Exam of Fun


    Ujian Akhir Semester (UAS) menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa karena dituntut belajar ekstra, namun ditangan para dosen FIKOM UKWMS ujian justru diberlakukan sebaliknya. Dalam acara COMPO (Communication Portofolio) 2012 FIKOM pada 10 hingga 15 Desember lalu, bertempat di Plaza St. Agustinus UKWMS Dinoyo, UAS menjadi menyenangkan. Mengangkat tema “Exam is Fun”, UAS kali ini diselenggarakan agar mahasiswa FIKOM tidak merasa tertekan mengingat paradigma terhadap exam selama ini menjemukan bahkan mengerikan.
      COMPO 2012 mengombine beberapa mata kuliah, antara lain Sosiologi expo, pameran Fotografi, presentasi Teknik Lobby dan Negosiasi, Public Speaking, Design Grafis, dan Sinematografi. Selain itu masih ada Seminar Manajemen Public Relation (MPR) serta launcing project akhir Jurnalistik Online (www.whynewsfikom.blogspot.com). Seminar MPR “Shortcourse Public Relations Strategic” sendiri diadakan sebagai tambahan wawasan mengenai project akhir yang dibawakan oleh narasumber dari PT. RNI (Rajawali Nasional Indonesia) yakni Drs. Budi Perbawa Aji S.Sos., M.M selaku corporate communication management, wakil sekjen forum Humas BUMN Indonesia.   
     UAS dengan mempresentasikan hasil pencarian data, foto, video yang didapat secara original ini memang terlihat mudah, namun sebenarnya menuntut perjuangan lebih karena harus hunting langsung ke lapangan. Selain presentasi, yang tak kalah penting ialah adanya awarding bagi mahasiswa yang berhasil menyajikan project terbaik di setiap kelas. “UAS semacam ini lebih efektif. Diakhir presentasi pun, saya selalu menekankan bahwa ini semua karya original mereka, dan saya ingin menghapuskan kebiasaan copy paste yang selama ini melekat pada diri mahasiswa”, ujar Ign. Rys Deddy, S.Sos., M.Si, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi, sekaligus koordinator COMPO 2012.  (WhyNewsFikom/Magdalena Fransilia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar